PENERAPAN BAHASA INGGRIS DALAM BISNIS PERHOTELAN
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Bisnis 2
Kelompok:
1. Arie Dwi Putra (11210036)
2. Bayang Dwi Fahrizal (11210338)
3. Hans Elbert (13210129)
4. Richo Priambodo (15210885)
PENDAHULUAN
Bahasa Inggris adalah
satu dari banyak pelajaran yang sudah sangat lama kita kenal selain matematika,
bahasa Indonesia, dan pelajaran lainnya. Pemerintah pendidikan sudah memasukan
bahasa Inggris sebagai kurikulum dalam mata pelajaran pada saat kita masih
duduk di tingkat awal sekolah dasar,
hal ini terus berlanjut bahkan sampai kita berada di kursi perguruan tinggi.
Dapat dikatakan bahwa sudah sekitar sembilan tahun atau lebih kita telah lama
‘bersahabat’ dengan bahasa Inggris. Hal itu memberitahukan bahwa betapa
pentingnya bahasa asing nomor satu di dunia ini untuk dikuasai oleh kita semua.
Sebagai bahasa nomor satu yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa Inggris
telah masuk ke dalam semua bidang, hal ini menyebabkan apapun bisnis yang
dilakukan mungkin tidak akan lepas dari penggunaan bahasa inggris.
Salah satu bidang yang
cukup kental dalam keterampilan bahasa inggrisnya adalah bahasa inggris untuk
perhotelan dikenal dengan english for hotel. Mungkin di antara
kita ada yang sudah jelas mengapa perhotelan begitu terkait dengan bahasa
Inggris. Singkatnya, dalam bisnis perhotelan pastinya banyak pengunjung yang
masuk ke dalam hotel umumnya untuk tinggal selama beberapa waktu di hotel
tersebut. Kemudian, untuk hotel-hotel besar tidak mustahil bahwa tamu hotel
yang datang adalah orang asing dari berbagai negara di dunia, oleh karena
itu english for hotel atau bahasa inggris untuk perhotelan begitu
diperlukan sebagai bahasa komunikasi universal dengan para tamu hotel yang
berasal dari luar negeri. Bahasa inggris adalah bahasa internasional dalam
dunia bisnis yang sebagian besar transaksi bisnis termasuk email, memo,
laporan, kontrak dan masih banyak lagi bentuknya ditulis dalam bahasa inggris.
Dalam dunia perhotelan,
kesantunan dan ketepatan berbahasa dengan bahasa inggris perhotelan, dalam hal
ini english for hotel, merupakan bagian dari pelayanan yang tidak
dapat dihindarkan dalam berkomunikasi dengan tamu. Tentu saja tamu hotel tidak
akan mengeluh tentang kelemahan berbahasa dari para karyawan dalam
berkomunikasi dengan mereka, tetapi mereka akan merasa sangat dihargai dan
terkesan jika para karyawan bisa berkomunikasi dalam bahasa yang sangat santun
dan tepat. Hotel dan karyawannya, akan mendapat nilai positif dari para tamu.
Masalahnya, tidak semua karyawan hotel menguasai english for hotel yang
santun. Untuk menguasai materi conversation english perhotelan,
ada beberapa upaya yang bisa dilakukan salah satunya memberikan materi
pembelajaran bahasa inggris perhotelan.
PEMBAHASAN
Di dunia perhotelan,
karyawan hotel selalu berhadapan dengan turis asing, yang di mana turis-turis
tersebut jarang sekali mereka bisa berbicara dalam bahasa lokal setempat.
Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa global dunia, maka dari itu sangatlah
penting bagi karyawan hotel untuk menguasai bahasa Inggris dasar.
Penggunaan bahasa
Inggris dimulai dari reservasi yang dilakukan oleh tamu.
Ekspresi
yang sering dilakukan pihak resepsionis :
·
Good morning, Deluxe Hotel. Mary
speaking. Can I help you? (Selamat pagi. Hotel Deluxe. Dengan Mary disini. Apa
yang bisa saya bantu?)
·
When would you like to stay for? (Kapan
anda ingin menginap?)
·
How long will you be staying? (Berapa
lama anda akan menginap?)
·
What kind of room would you like? (Mau
kamar apa?)
·
It’s $ 50 Dollars a night, including
tax. (Harganya 50 Dolar per malam, sudah termasuk pajak.)
·
Who is the booking for, please? (Atas
nama siapa pemesanan kamar ini?)
Dalam hal ini pihak
resepsionis akan dihadapkan permintaan reservasi tamu dari luar negeri melalui
telepon. Contoh percakapan antara tamu dan resepsionis hotel adalah sebagai
berikut:
Hotel Receptionist :
The XX Hotel. Good afternoon. How can I help you?
Mr. Smith : Yes, I
would like to make a reservation.
Hotel Receptionist :
Yes, of course. Can I have your full name please?
Mr. Smith : It’s John
Smith.
Hotel
Receptionist : Thank you Mr. Smith. And when would you like to reserve it for, Sir?
Mr.
Smith : For the 21st of June, and it would be for 5 days and 4 nights, so until
the 25th.
Hotel
Receptionist : Very well, we have our Presidential and Junior Suites available,
but we only have 2 more Double rooms available. Which would you like to book,
Sir?
Mr. Smith : Alright. I
would like 1 double room, and the 2 Junior Suites, thank you.
Hotel
Receptionist : One Double room and two Junior Suites reserved for Mr. John
Smith. Is that all?
Mr. Smith : Yes, that
is all. Thank you very much.
Hotel Receptionist :
You’re welcome, Mr. Smith. Have a good day.
Dari contoh di atas,
banyak istilah-istilah umum yang selalu digunakan di perhotelan, seperti
‘reservation’, ‘book’, dan ‘suite’. Pengucapan kata yang sering keliru adalah
‘suite’ di mana pengucapan sebetulnya sama dengan kita mengucapakan ‘sweet’.
Selain resepsionis,
seorang Bell Boy juga harus mampu menguasai bahasa
Inggris. Bell Boy adalah orang yang mengantarkan tamu ke kamar
yang telah dipesan oleh pihak tamu. Percakapan yang sering dilakukan Bell
Boy dan tamunya adalah sebagai berikut :
Bell Boy : Mr Smith,
would you like me to explain your room facilities?
Guest
: Yes, please.
Bell
Boy : We start from here. This is the master switch for the power. Insert your
key card here, and the power will be on. If you leave the room, take your key
card from here, and the power in the room will be off.
……………………………………….
This
is the telephone, which can be used to make an International Direct Dial (IDD)
call. Please press “9” first and then the telephone number…..
This
is the remote control for your television, and your minibar is here. This is
the form for the minibar. Please fill in this form if you take a drink or
something from the minibar. And this is the remote control for your Air
Conditioner. Here is your safety deposit box. Please put your valuable things
here. You can read how to use it here.
Now
we go to the bathroom….
This
is the hot and cold water tap. The red one is for the hot water, and the blue
one is for the cold water. Here there are two bottles complimentary mineral water
per day. Tooth brush and tooth paste are here, while the razor blade is here.
Shower cap is here, and here is garbage bag….
Shower cap is here, and here is garbage bag….
This
is the laundry bag, and the laundry form. Please fill in the form if you wish
to do the laundry…
Bell
Boy : I think that’s all. Is there any questions?
Guest
: No, thank you.
Bell
Boy : You’re welcome. Have a nice stay with us.
Terjemahannya :
Bell Boy : Tuan Smith,
apakah anda ingin saya menjelaskan fasilitas kamar?
Guest : Ya, silakan.
Bell Boy : Kita mulai
dari sini.
Ini
adalah panel utama untuk listrik. Masukkan kartu kunci (key card) anda di sini,
dan listrik akan menyala. Jika anda meninggalkan kamar, ambil kartu anda dari
sini, dan listrik di kamar anda akan mati.
………………………………………………………………………………………….
Ini
teleponnya, yang bisa digunakan untuk menelepon langsung ke luar negeri. Tekan
“9” terlebih dahulu, diikuti dengan nomor teleponnya.
Ini
remote control untuk televisi, dan minibar anda di sini. Ini formulir untuk
minibar. Mohon isi formulir ini jika anda mengambil minuman atau yang lainnya
dari minibar.
Dan ini remote control untuk AC anda. Ini safety deposit box anda. Mohon taruh barang-barang berharga anda di sini. Anda bisa membaca bagaimana cara menggunakannya, di sini.
Dan ini remote control untuk AC anda. Ini safety deposit box anda. Mohon taruh barang-barang berharga anda di sini. Anda bisa membaca bagaimana cara menggunakannya, di sini.
Sekarang
kita ke kamar mandi….
Ini
keran untuk air panas dan dingin. Yang merah untuk air panas, dan yang biru
untuk air dingin. Ini ada 2 botol air mineral gratis per hari. Sikat gigi dan
pasta gigi di sini, dan pisau cukur di sini. Penutup shower di sini, dan ini
tempat sampah. Ini tas untuk laundry, dan formulir laundrynya. Mohon isikan
formulir ini jika ingin menggunakan jasa laundry.
Bell Boy : Saya kira, itu
saja. Apakah ada pertanyaan?
Guest : Tidak, terima
kasih.
Bell Boy : Terima kasih
kembali. Nikmati tinggal bersama kami.
KESIMPULAN
Penggunaan bahasa
inggris dalam operasional dibidang perhotelan menjadi sebuah keharusan sebab
penggunaan bahasa Inggris telah menjadi standar dalam bisnis internasional.
Karyawan hotel yang secara langsung berhadapan dengan tamu tidak hanya
menguasai penggunaan kata yang tepat, tetapi juga harus menguasai cara
mengucapkan setiap kata tersebut agar pihak tamu dapat memahami informasi yang
diberikan kepada setiap tamu hotel.
Bahasa inggris adalah
bahasa internasional dalam dunia bisnis yang sebagian besar transaksi bisnis
termasuk email, memo, laporan, kontrak dan masih banyak lagi bentuknya ditulis
dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu penguasaan bahasa Inggris secara lisan
maupun tulisan menjadi sangat penting bagi bisnis perhotelan.
Pemberian pendidikan
bahasa Inggris secara langsung kepada setiap karyawan hotel akan mampu
meningkatkan penguasaan bahasa Inggris, sebab selain penguasaan bahasa, etika
dalam berbahasa akan mampu dikuasai. Kedua hal tersebut akan memberikan dampak
positif bagi kelangsungan bisnis perhotelan.
Referensi:
http://www.belajaringgris.net/english-for-hotel-services-bahasa-inggris-perhotelan-2251.html
http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/conversation/percakapan-bahasa-inggris-di-hotel.aspx
http://seopeyek.blogspot.com/2013/02/contoh-dialog-percakapan-bahasa-inggris.html
http://contohsoal.wordpress.com/category/percakapan-di-hotel/page/2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar